Hadir dengan Wajah Baru, RB Nunukan Usung Peningkatan Perekonomian UKM Perbatasan

redaksi

PENAKALTARA.ID, Nunukan (19/05) – Dengan semangat mengusung peningkatan ekonomi kecil dan menengah, RB Nunukan hadir dengan wajah baru untuk memajukan perkenomian UKM yang ada diperbatasan. Peresmian lokasi baru ini diharapkan bisa meningkatkan nilai jual produk UMKM dan memperluas komunitas UMKM RB Nunukan sebagai wadah untuk berkarya dan memberdayakan anggotanya.

Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Kaltimra, Efron Lumban Gaol, menyampaikan tugas pengelolaan yang dilakukan PLN diantaranya bertujuan untuk meningkatkan ekonomi para UKM menuju UMK Go-Modern, Go-Digital, Go-Online, Go-Global dan juga sebagai support Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Co-Working space, forum Milenial dan melaksanakan kegiatan Satgas Bencana BUMN (Posko Satgas BUMN).

“Keberadaan Rumah BUMN ini dapat dimanfaatkan oleh semua UMKM yang berada di Nunukan sebagai sarana tempat pelatihan, Co Working Space dan juga mempersiapkan UMK naik kelas melalui sertifikasi, peningkatan produksi dan penjualan, peningkatan pemasaran dan peningkatan tenaga kerja,” ungkap Efron.

Baca juga  Final Pertandingan Bola Volly Kapolda Cup Tahun 2023

Salah satu wujud dari kegiatan RB melakukan supervisi melalui pembinaan dan pelatihan untuk mempersiapkan UMKM bersaing dengan UMKM daerah lain baik di tingkat Nasional maupun Internasional. RB Nunukan telah mampu melakukan pembinaan dan pendampingan pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya sampai merambah negara jiran, hal ini menjadi kebanggaan kita semua bahwa peran dan tugas RB bisa dijalankan dengan baik dan dapat mengembangkan sektor ekonomi Indonesia. 

Sebagai wujud nyata PLN membantu untuk membantu UKM Go Modern, digital, online dan pemasaran global dengan memasukkan produk-produk di marketplace pada aplikasi PLN Mobile dimana jumlah pengguna saat ini sdh mencapai lebih dari 35 juta pengguna yang setiap saat dapat dengan mudah membeli produk-produk unggulan UKM termasuk produk yang berada di Pulau Nunukan ini. 

Baca juga  Kapolda Kaltara Hadiri HUT Ke-4 Korem 092/Maharajalila

Adapun wujud kolaborasi pemasaran PLN meluncurkan promosi program HarBelNas 2023 dengan membeli produk UMKM di marketplace PLN Mobile senilai Rp. 125.000,- pelanggan akan mendapatkan Voucher Tambah Daya sd 5.500 VA hanya dengan hanya membayar Rp 202.500,- yang berlaku sd 31 Mei 2023.

“Bukti keseriusan kami untuk mengelola RB, PLN UID Kaltimra menggandeng PLN Group yakni PT Panguntaka Cahaya Nusantara (PT PCN) untuk mengelolanya secara profesional,” jelasnya.

Pihak PLN UID Kaltimra berharap keberadaan Rumah BUMN yg baru ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa Mandiri sehingga dapat membawa dampak positif kepada UMKM di daerah Nunukan.

Baca juga  Presiden Jokowi Luncurkan Platform Digital Jagat Nusantara

Turut hadir dalam peresmian Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Bea Cukai Nunukan, Direktur Utama PT PCN dan para undangan. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer