BUMN Karya Beri Kontribusi ke IKN, Anggota DPR RI : Diharapkan Ini Dapat Mencapai Harapan Indonesia Tumbuh di Tahun 2045

redaksi

 

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir. Deddy Yevri Hanteru Sitorus M.A.

TANJUNG SELOR, penakaltara ID – Sosialisasi dengan tema “BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan Ibukota Nusantara” digelar di Kabupaten Bulungan yang secara langsung difasilitasi oleh Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ir. Deddy Yevri Hanteru Sitorus M.A., Selasa (8/3/2023).
Deddy Sitorus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan upaya Pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif. Dimana dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru. Sehingga ke depannya tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.
IKN Nusantara, tambahnya, ke depan juga dapat menjadi simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata Kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia.
“Artinya, kontribusi dari IKN sebagai generator ekonomi alat untuk melakukan pemerataan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi diharapkan mampu mencapai harapan Indonesia di tahun 2045,” ungkap Deddy Sitorus.
Tambahnya juga, BUMN yang memiliki peran sebagai agent of development, dalam hal ini terus berupaya mendukung pengembangan dan pembangunan infrastruktur melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga. Pembangunan IKN Nusantara memberikan keuntungan bagi BUMN-BUMN Karya seperti Adhi Karya salah satunya.
“BUMN telah berkomitmen dalam rangka mendukung proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur secara jangka panjang. Selama proyek IKN terus berjalan, maka bisa membantu dalam mendatangkan katalis positif bagi BUMN Karya,” bebernya.
Berdasarkan informasi yang diterimanya, ADHI Karya berkontribusi dalam membangun Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, Pembangunan tol tersebut bertujuan mempercepat konektivitas wilayah dan distribusi barang yang semakin lebih mudah dan cepat.
“Selain kebutuhan akses di pembangunan IKN, pembangunan Tol juga dapat menghasilkan multiplier effect salah satunya, penyerapan tenaga kerja di daerah sekitar pembangunan,” kata Deddy.
Selain proyek ruas jalan tol, ADHI juga mengerjakan Hunian Pekerja Konstruksi di IKN, Pembangunan ini menggunakan Teknologi Modular yang merupakan karya anak bangsa, Konstruksi Rumah Susun dengan menerapkan teknologi fabrikasi hunian modular dapar membuat proyek hunian untuk pekerja Konstruksi lebih cepat dibangun serta layak huni.
“Direncanakan rusun tersebut terdiri dari 22 tower, memiliki 4 lantai yang dapat menampung 17.000 pekerja atau minimal 15.600 tenaga kerja. Fasilitas yang disediakan nantinya mencakup meubeler, unit kesehatan, kantin, toko, tempat ibadah, dan building management,” jelasnya.
Tak hanya itu, ADHI Karya dalam hal ini sudah berkontribusi membangun infrastruktur besar di Tanah Air. Dengan lingkup pekerjaan ADHI meliputi, perencanaan dan perancangan, pekerjaan konstruksi dan infrastruktur Kawasan.
“Kontribusi BUMN Karya ini diharapkan dapat bersinergi dengan peningkatan kinerja perusahaan, bisa memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satu nya, melalui Peningkatan PDB/PDRB, Penambahan Lapangan Kerja, Peningkatan Pajak dan Dividen,” pungkasnya. (*)
Baca juga  Tahun Politik, Rawan Terjadinya Perpecahan, Polresta Bulungan : Akan Kami Galakkan Patroli dan Beri Imbauan ke Masyarakat

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer