Webinar : Bikin Tugas Lebih Mudah Bila Cakap Digital

redaksi

TANJUNG SELOR, penakaltara ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar program literasi digital nasional sektor pendidikan wilayah kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat bagi para Siswa siswi SMP & SMA. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara webinar ini berlangsung yang dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB. Mengungsung tema “Bikin Tugas Lebih Mudah Bila Cakap Digital.” Di mana webinar itu menyuguhkan materi yang didasarkan pada 4 pilar utama Literasi Digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. 

Webinar ini diawali dengan sambutan dari Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pengerapan, yang memaparkan masifnya penggunaan internet di Indonesia yang membawa serta resiko seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan kontenkonten negatif lainnya, sehingga peningkatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni.

Baca juga  "Chance & Challange buat Gen-Alpha di Era Digital", Yuks Ikuti Webinar Literasi Digital

Menghadirkan 3 Narasumber yang berkompeten di bidangnya, yang pertama adalah Indah Wenerda yang membawakan materi Etika Digital. Ia menjelaskan bahwa perkembangan komunikasi digital yang bersama dirasakan sekarang ini yaitu semua sangat mudah mengetahui informasi-informasi apa di belahan dunia yang lain itu juga akan mempengaruhi bagaimana karakteristik komunikasi Global yang itu tidak ada batasannya.

“Kita bahkan kemudian bisa contohnya saya sekarang lagi di Sumatera teman-teman lagi di Kalimantan kan kita tidak ada yang bisa tahu ya kemudian komunikasi semudah ini. Nah, karakteristiknya perlu kita ketahui bagaimana yang kemudian perlu kita asah lagi supaya antara komunikasi di dunia maya ini bisa tetap terjalin persis seperti teman-teman di kelas sekarang, persis ketika kita bertemu dengan orang-orang sesungguhnya di dunia nyata,” ujarnya.

Baca juga  HUT Bhayangkara ke 78, Polda Kaltara Gelar Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan Telabang Bangsa

Terdapat pula narasumber lainnya yakni Tio Utomo yang merupakan Redaktur Langgar.com yang membawakan materi Cakap Digital. Dalam materinya itu ia memaparkan “Kita dapat mencapai kecakapan digital jika kita tahu dan paham ragam dan perangkat lunak yang menyusun digital. Sesimpel atau gampangnya adalah bagaimana sebenarnya secara dunia digital sudah paham mengenai aplikasi karena semua sudah menggunakannya sehari-hari dan ini yang harus dipahami adalah dunia digital terus berkembang, jadi jangan berhenti belajar karena dengan cakap digital kita bisa meraih apa yang sebelumnya mungkin kita tidak bisa bayangkan. (rch) 

Baca juga  BUMN Karya Beri Kontribusi ke IKN, Anggota DPR RI : Diharapkan Ini Dapat Mencapai Harapan Indonesia Tumbuh di Tahun 2045

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer