Kapolda Kalimantan Utara Pimpin Musrenbang Polda Kaltara Tahun 2023

redaksi

TANJUNG SELOR – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, pimpin acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Polda Kalimantan Utara tahun 2023 di Pangeran Khar Tanjung Selor, Rabu (26-07-2023).

Acara yang mengusung tema “Polda Kaltara Yang Presisi Mendukung Percepatan Tranformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan serta Suksesnya Pengamanan Pemilu 2024” tersebut dihadiri Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Kasmudi, S.I.K, Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol R. Andria Martinus, M.H, Pejabat Utama Polda Kaltara, Undangan Eksternal, Kasubbagrenmin Satker Polda, Kabagren Polres/Ta Jajaran, Operator Perencanaan Satker Polda dan Perencanaan Polres Jumlah peserta sebanyak 137 (seratus Tiga Puluh Tujuh) orang.

Kegiatan Musrenbang Polda Kaltara merupakan kegiatan rutin tahunan yang diarahkan untuk menyatukan perencanaan yang bersifat top down dan bottom up yaitu penyampaian kebijakan pemerintah yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 dibidang keamanan dengan usulan kebutuhan dari Satker-satker berdasarkan kebijakan yang tertuang dalam Renstra dan Rancangan Renjanya.

Baca juga  Kapolda Kalimantan Utara Pimpin Upacara Wisuda Purna Bhakti Personil Polda Kaltara

Kegiatan Musrenbang ini dimaksudkan untuk memperoleh saran & pendapat dari peserta Musrenbang Polda Tahun 2023 sebagai masukan bagi pimpinan Polri untuk menentukan arah bijak pembangunan Polda Kaltara.

Karo Rena Polda Kaltara Kombes Pol. Juli Eko Prihartono, S.I.K, menyampaikan “Pelaksanaan Musrenbang Polda Kaltara Tahun 2023 bertujuan untuk mengintegrasikan, menyempurnakan & menyelaraskan program/kegiatan serta KRO & RO agar penyelenggaraan tugas Polda Kaltara pada Tahun 2024 sesuai dengan perencanaan yang akan disusun dalam dokumen perencanaan Polri T.A. 2024” ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kaltara menyampaikan Musrenbang Polda Kalimantan Utara tahun 2023 telah sukses mencapai tahapan akhir dalam menyusun target perencanaan untuk periode 2023-2024.

Baca juga  Februari 2023, Realisasi APBN Capai Rp1,10 Triliun, Tumbuh 8,65 Persen (YoY)

“Melalui musrenbang ini, Polda Kalimantan Utara berkomitmen untuk mewujudkan visi dan misi Polda Kalimantan Utara tahun 2024, yang bertujuan untuk menciptakan wilayah Kaltara yang aman dan tertib, sejalan dengan visi dan misi Polri,” ujarnya.

Kapolda menyatakan bahwa musrenbang Polda Kaltara akan menjadi landasan bagi Karo Rena yang nantinya akan melaksanakan Musrenbang tingkat Polri. Hal ini menunjukkan pentingnya perencanaan yang matang dalam mencapai target-target strategis yang telah ditetapkan.

Diharapkan agar Musrenbang kali ini tidak sekadar menjadi formalitas belaka, di mana para pejabat utama seringkali kurang mengetahui substansi dan isu-isu yang akan dibahas dalam acara tersebut. Untuk mewujudkan kesuksesan perencanaan tahun 2024, Kapolda Kaltara menekankan pentingnya komunikasi yang efektif di antara semua pihak terkait. Kerja sama dan sinergi antar jajaran di Polda Kaltara, termasuk Polres, Polsek, dan seluruh satuan kerja, menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan bersama.

Baca juga  Webinar Literasi Digital, "Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini"

“Perencanaan yang detail dan jelas adalah kunci keberhasilan dalam meyakinkan pemerintah pusat untuk anggaran yang mencukupi bagi Polri. Melalui perencanaan yang terstruktur dan terukur, Polda Kaltara berharap dapat memperlihatkan dengan jelas bagaimana anggaran tersebut akan diberdayakan dan digunakan secara efektif,” tegasnya.

Selanjutnya, Kapolda Kaltara menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Polri yang telah berkontribusi dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, dengan memberikan beberapa penghargaan bagi Satker dan Polres jajaran Polda Kaltara dengan beberapa Kategori diantaranya ada Satker dengan nilai Indikator Pelaksana Anggaran/ IKPA terbaik 2022 dan Polres terbaik Quick Wins Presisi Tahun 2023 diantaranya Satker Bidkeu dengan Nilai 98,26%, Satker Bidhumas dengan Nilai 98,13% dan Polresta Bulungan dengan nilai 97,61%. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer