Polri Lestarikan Penghijauan, Kapolda Kaltara Bersama Forkopimda Kaltara Melaksanakan Penanaman Pohon

redaksi

TANJUNG SELOR – Rabu 23 Agustus 2023 sedang dilaksanakan kegiatan Penanaman Pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan diikuti oleh para Kepala Kepolisian Asean di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rabu (23-08-2023).

Penanaman 1.500 pohon di Hutan Kota Kabupaten Bulungan menunjukkan komitmen Polda Kaltara untuk berperan aktif dalam mempromosikan keberlanjutan lingkungan. 

Acara ini dipimpin Kapolda Kaltara Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, Gubernur Kaltara yang diwakili Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kalimantan Utara (Kaltara) Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., Komandan Korem (Danrem) 092/ Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus, S.Sos., M.Sc dan Pejabat Utama Polda Kaltara serta partisipasi para tokoh dan Forkopimda Kalimantan Utara itu mengambil tema “Polri Melestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini,”.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Polri secara keseluruhan dalam rangka menjaga lingkungan dan meninggalkan hal yang positif bagi generasi mendatang, dimana alam Indonesia ini perlu dijaga dan perlu dilestarikan.

Baca juga  Wakapolda Kaltara Hadiri Rapat Kerja dan Evaluasi Pemerintah Desa Se-Kalimantan Utara Tahun 2023

Pada kegiatan ini, Polda Kaltara juga turut berpatisipasi dengan melakukan penanaman sebanyak 1.500 bibit pohon dengan beragam jenis, selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh Sekolah Polisi Negara (SPN) dan seluruh Polres jajaran Polda Kaltara. Pada kegiatan ini jumlah total pohon yang ditanaman sebanyak ± 8500 bibit pohon.  

“Dengan ini, mari kita bersama-sama terus menjaga kelestarian alam sekitar kita, bersama kita wujudkan lingkungan yang sehat, nyaman dan juga aman, mari saling bergandeng tangan untuk Melestarikan Negeri dan melakukan Penghijaun Sejak Dini”, ucap Kapolda Kaltara.

Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kalimantan Utara (Kaltara) Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si., menyampaikan amanat Bapak Gubernur Kaltara “selaku perwakilan dari bapak Gubernur Kaltara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Polda Kaltara pada hari ini, diharapkan hal ini dapat menjadi langkah baru bagi Polda Kaltara berkolaborasi dengan Pemprov Kaltara untuk dapat membenahi masalah lingkugan dengan melaksakan program penghijauan dalam rangka menciptakan lingkungan yang hijau, bersih dan berkelanjutan, bagi generasi saat ini maupun generasi yang akan datang” ujarnya.

Baca juga  Jelang Pra PON, KONI Bulungan Luncurkan Program Pemusatan Latihan Bulungan BISA

“Saya selaku Danrem 092/Maharajalila memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Polda Kaltara, diharapkan kegiatan ini dapat terus berjalan untuk menciptakan lingkungan bersih di wilayah Kalimantan Utara dan ke depan kegiatan penghijauan akan terus dilaksanakan secara bersinergi diantara TNI, Polri dan pemerintah daerah dengan semangat juga untuk menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri dan pemerintah daerah dan stakeholder di wilayah Provinsi Kaltara” ucap Danrem 092/Maharajalila.

Baca juga  Bentuk Pelayanan Polri Terhadap Masyarakat yang Terdampak Banjir

“Penanaman pohon ini tidak hanya berkontribusi terhadap keindahan wilayah, tetapi juga merupakan simbol dedikasi kepolisian dalam menjaga keseimbangan ekologi,” jelas Karo SDM Polda Kaltara Kombes Pol. Yusup Rahmanto, S.I.K, M.H.

Berbagai jenis tanaman seperti mangga, matoa, dan jambu air telah ditanam. Aksi ini merupakan langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sejak dini.

“Antusiasmenya terhadap acara ini dan menekankan dampak jangka panjang dari inisiatif semacam ini. Menanamkan kesadaran akan lingkungan kepada generasi muda adalah dasar bagi masyarakat yang berkelanjutan dan peduli ekologi,” tambahnya. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer