Patroli Keamanan Sekolah, Sat Lantas Polresta Bulungan : Kami Beri Edukasi ke Pelajar Tentang Etika Berlalulintas

redaksi

PENAKALTARA.ID, TANJUNG SELOR – Sat Lantas Polresta Bulungan melaksanakan patroli keamanan Sekolah (PKS) yang kali ini berlangsung di MAN Tanjung Selor, Bulungan, Sabtu (11/11/2023).

Kedatangan personel Sat Lantas Polresta Bulungan tersebut disambut hangat oleh para pelajar dan guru – guru. Dan pada program PKS ini, personel memberikan beberapa imbauan yang secara langsung disampaikan oleh Waka Satlantas Polresta Bulungan Ipda Arfa Abdullah S.Sos dan personel lainnya.

Imbauan pertama tentang bagaimana pelajar memiliki etika berlalulintas. Etika berlalulintas ini adalah tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan undang-undang dan peraturan lalu lintas serta norma sopan santun sesama pengguna jalan.

Baca juga  PAM Lalin dan Patroli Pengamanan di Acara Gernas BBI

Termasuk, tata tertib berlalulintas adalah peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada saat berkendara atau mengemudikan kendaraan. Karena peraturan terdapat sanksi bagi seseorang yang melanggarnya. Sehingga bagi pelajar yang sekiranya masih di bawah umur dan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) agar tidak membawa kendaraan terlebih dahulu.

“Untuk dasar hukumnya adalah Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang kepolisian republik Indonesia. Lalu, Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” sebutnya.

Baca juga  Gerak Cepat !!! Antisipasi Kecurangan BBM Bercampur Air, Polresta Bulungan Sidak SPBU di Tanjung Selor

Tak hanya itu, lanjutnya, para pelajar juga diberikan edukasi perihal 12 gerakan lalu lintas. Kemudian, pengenalan jenis rambu – rambu. Mengingat, ini penting lantaran kelak ketika mereka berkendara akan jauh lebih memahami akan maksud dan tujuan diberikan isyarat gerakan lalu lintas dan rambu – rambunya.

“Kami juga memberikan imbauan kepada para pelajar agar saat menyeberang di jalan raya. Merek wajib melewati zebra cross. Ya, karena di wilayah Jalan Sengkawit, tempat sekolah mereka rawan lakalantas. Sehingga penting memahami segala aturan berlalulintas,” ungkapnya.

Baca juga  Melalui Jum'at Curhat, Polresta Bulungan Sampaikan Komitmen Pengamanan Pemilu 2024

Di satu sisi, pihaknya berharap tentu pasca diberikan imbauan dan pemahaman etika berlalulintas. Maka, mereka dapat menjadi tauladan atau contoh bagi pelajar lainnya. Program PKS ini akan rutin dilaksanakan sehingga akan muncul kesadaran akan pentingnya patuh pada aturan berlalulintas saat berkendara. “Alhamdulillah dari pihak sekolah telah menyambut baik kedatangan kami. Bahkan, mereka berharap ke depan bisa jauh lebih sering digelar program PKS ini. Dan kami tentu akan mengupayakan semaksimal mungkin demi menekan akan lakalantas yang beberapa di antaranya pelajar sebagai korbannya,” tutupnya. (*)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer