Kasus Narkoba di Bulungan Turun, Polresta Bulungan Release Capaian Kasus Narkotika

redaksi

TANJUNG SELOR – Dibandingkan tahun sebelumnya, pada 2023, kasus narkoba di Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) turun.Belum bisa terekap berapa persen penurunannya, termasuk penurunan jumlah barang bukti, pihak kepolisian resor kota (Polresta) Bulungan, tak berhenti terus melakukan upaya pencegahan dan pengungkapan.

Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H,S.I.K., M.H , melalui Kanit Sidik Sat Reskoba Ipda Brian Daven Kyher Gultom mengatakan, ada indikasi perubahan jalur pengiriman narkotika jenis sabu-sabu oleh para kurir.Jika selama ini, banyak menggunakan jalur darat melewati Bulungan, kini disinyalir merubah menggunakan jalur air.

Baca juga  Polsek Bunyu Berhasil Gagalkan Kasus Peredaran Narkotika, Tersangka Ternyata Lulusan Pendidikan Tinggi di Pelayaran

Dia menyebut, kurir narkoba punya banyak alternatif jalur pengiriman.”Kita berupaya menutup jalur-jalur pintu masuknya narkoba. Yang biasanya melewati jalur darat, Nunukan – Malinau – KTT – Bulungan dan ke Kalimantan Timur,” ungkapnya, Senin 16 Oktober 2023.

Dia mengungkapkan, selama ini narkoba jenis sabu-sabu yang kerap diungkap di Kaltara, salah satunya oleh jajaran Polresta Bulungan, kebanyakan berasal dari Sabah, Malaysia.”Wilayah kita (Bulungan) biasanya menjadi perlintasan. Narkoba akan dikirim ke Kaltim atau ke Sulawesi. Selain lewat jalur darat, para kurir (pembawa narkoba) juga melintasi jalur laut,” beber Brian.

Baca juga  Tahun Politik, Warga Keluhkan Kerawanan Pemilu, Narkoba Hingga Pendistribusian BBM Nelayan, Polresta Bulungan Siap Tindaklanjuti

Diakuinya, pada tahun sebelumnya pengungkapan narkoba oleh jajaran Sat Reskoba Polresta Bulungan mengalami peningkatan.Sementara tahun ini, dia mengakui ada kemungkinan menurun.”Kita belum bisa katakan turun pada tahun ini. Tapi dalam periode yang sama dibandingkan tahun lalu, memang lebih kecil,” ungkapnya lagi.

Lebih jauh Brian mengatakan, meski pengungkapan kasus dalam kapasitas besar mengalami penurunan, bukan berarti peredaran narkoba di wilayah Bulungan aman.Dia menegaskan, peredaran narkoba di Bumi Tenguyun–sebutan Bulungan tetap mengkhawatirkan.”Untuk itu kita terus meningkatkan kewaspadaan. Bagi masyarakat yang mengetahui silakan melapor ke pihak kepolisian. Karena peran warga sangat membantu kami dalam pencegahan maupun pengungkapan narkoba,” imbuh perwira polisi muda itu. (HmsPolresta)

Baca juga  Komunikasi Dua Arah, Jum'at Curhat Jadi Ajang Warga Diskusi Santai dengan pihak Polresta Bulungan

Baca juga

Tags

Ads - Before Footer