IKAT Tanjung Selor & Kabupaten Bulungan Gelar Ibadah dan Perayaan Natal 2023

redaksi

TANJUNG SELOR, penakaltara.id – Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan menggelar ibadah dan perayaan Natal 2023 dengan mengusung tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” yang berlangsung di Gedung Wanita, Tanjung Selor pada Sabtu malam (26/01/2024).

Kegiatan itu secara langsung dihadiri oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, Obed Daniel dan Bupati Bulungan, Syarwani serta sejumlah pejabat daerah lainnya dari unsur Forkompinda di tingkat Provinsi Kaltara dan Kabupaten Bulungan dan seluruh warga Toraja di Bumi Tenguyun.

Ketua IKAT Tanjung Selor, dr. Medianto Rombetasik, Sp.B mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan kerukunan antar keluarga Toraja di Tanjung Selor dan Bumi Tenguyun (Kabupaten Bulungan) dapat terus terjalin dan terjaga. Hal ini sesuai dengan tujuan terselenggaranya acara ini.
“Melalui kegiatan ini bagaimana kita tetap saling mencintai sesama yang telah dianugerahkan Tuhan dan tetap hidup rukun. Siapapun sesama kita, sesuai firman Tuhan di sanalah berkat kehidupan kita,” kata dr. Medi.


Apalagi, lanjutnya, menjelang pesta demokrasi di tahun ini. Kerukunan memang harus terus terjaga dengan baik. “Saya juga selalu berpesan. Carilah pemimpin yang bisa ayomi kita semua. Baik di Pilpres, Pileg dan Pilkada sekalipun,” ungkapnya.

Baca juga  Bakti Sosial, Kapolda Kaltara Berikan Bantuan Sumur Bor dan Fasilitas Air Bersih ke Pondok Pesantren Fatimah Az Zahra

Lebih lanjut, pihaknya berpesan juga agar warga Toraja tetap menjaga integritasnya. Khususnya, di pesta demokrasi ini. Jangan sampai terpengaruh akan politik uang. Tapi, diyakini semua sudah memiliki pola pikir demikian. “Mari sekali lagi kita jaga kerukunan guna mewujudkan kondusifitas wilayah. Selamat Hari Natal bagi kita semua. Semoga damai sejahtera Allah menyertai. Dalam mengarungi langkah di tahun ini,” tutupnya.


Seirama disampaikan, Ketua IKAT Kabupaten Bulungan Yunus Rappu yang mengajak semua warga Toraja untuk bersinergi bersama TNI-Polri dalam menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif. Mengingat, menjelang pemilu ini hal itu sangat diperlukan. Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan aman dan lancar. “Atas nama pengurus IKAT Kabupaten Bulungan saya mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani,” ucapnya.


Sementara, mewakili IKAT Provinsi Kaltara, Marthen Rady selaku Koordinator V di IKAT juga menyampaikan bahwa sehubungan dengan semakin dekatnya pesta demokrasi. Februari mendatang tentunya banyak hal terjadi dalam masyarakat. Dengan dimulai pesta demokrasi ini. Kerawanan yang mengganggu situasi Kamtibmas akan ada. Permasalahan baik yg sudah diketahui bersama.


Sehingga berdasarkan arahan Ketua IKAT Provinsi agar masyarakat Toraja. Dalam permasalahan yang arahnya Kamtibmas dapat bersama mewujudkannya. Namun lebih dari itu sedini mungkin potensi gangguan itu dapat dicegah. “Kami masyarakat Toraja juga beberapa di antaranya ikut ambil bagian di pesta demokrasi. Sehingga ini patut bersama untuk menjaga kondusifitas wilayah selama pesta demokrasi ini berlangsung,” tutupnya.

Baca juga  Antusiasme Masyarakat Tinggi, Lomba Pancing 1 Mata Kail Sukses Digelar dan Jadi Ajang Hiburan Masyarakat


Bupati Bulungan, Syarwani hadir turut memberikan sambutan, dalam sambutannya bahwa atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Bulungan pertama mengucapkan selamat natal 2023 dan tahun baru 2024 kepada segenap warga Toraja di Kabupaten Bulungan.
Dan diiringi harapan kiranya semangat natal dan tahun baru ini menjadi awal yang baik bagi semua dalam menjalankan berbagai aktifitas kehidupan sehari-sehari. Kebersamaan Natal ini kiranya dapat menjadi sumber kekuatan untuk bersatu hati dan saling menopang satu dengan yang lainnya agar kebersamaan warga terus terbentuk dan dapat menjadi kekuatan bagi semua.


Kemudian, lanjutnya, kebersamaan yang dibangun ini, hendaknya dilandasi atas kasih kristus sehingga kebersamaan akan terus ada bahkan ketika acara natal ini telah usai. “Saya juga menyampaikan terima kasih, apresiasi setinggi-tingginya serta dukungan yang positif atas dilaksanakannya kegiatan ini, yang tentunya untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama, khususnya warga Toraja yang ada di Tanjung Selor maupun Kabupaten Bulungan,” ucap Bupati.

Baca juga  Patuh Berlalulintas, Ditlantas Polda Kaltara Beri Hadiah

Selanjutnya sebagaimana diketahui bersama, sebentar lagi akan menyambut pesta demokrasi pemilu serentak tahun 2024. untuk itu, ia berpesan kepada ikatan warga Toraja di Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan, sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan, agar dapat mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu serentak ini dengan sebaik-baiknya.
“Mari kita bersama-sama menjaga kedamaian serta situasi yang kondusif, yang aman dan tertib, karena ini merupakan prasyarat utama agar kita dapat melaksanakan aktifitas kehidupan sehari-hari,” imbaunya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltara, Obed Daniel turut memberikan ucapan selamat natal dan tahun Baru bagi masyarakat Toraja. Bahkan, pada kesempatan itu pihaknya menyampaikan sambutan Gubernur Kaltara selaku orang nomor satu di Bumi Benuanta ini.
Dalam sambutannya, Gubernur mengajak agar semua dapat saling menjaga persatuan. Meskipun berbeda – beda suku, agama dan ras. Tetapi, bagaimana mewujudkan rasa persatuan tersebut di wilayah yang dicintai ini.

Disamping itu, Gubernur beri apresiasi kepada keluarga besar Toraja. Yang mana, selama ini telah memberikan dampak bagi perkembangan di daerah ini melalui aksi – aksi sosialnya. Dan menjelang pesta demokrasi ini. Gubernur mengajak bersama menjaga kerukunan dan kedamaian. “Khususnya di Kabupaten Bulungan. Mari dewasa menyikapi segala permasalahan. Waspada ujaran kebencian. Dan melalui perayaan Natal ini. Semoga selalu diberkati,” tutupnya. (adv)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer