SPJ Kaltara Gelar Buka Puasa Bersama dan Peduli Sesama

redaksi

BERBAGI : Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar acara buka puasa bersama sekaligus peduli atau berbagi sesama yang berlangsung di Cafe Starbox, Jalan Salak, Tanjung Selor, Sabtu (15/4/2023).

TANJUNG SELOR – Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar acara buka puasa bersama sekaligus peduli atau berbagi sesama yang berlangsung di Cafe Starbox, Jalan Salak, Tanjung Selor, Sabtu (15/4/2023).

Diketahui, acara yang bertemakan “Urip Iku Urup” dihadiri secara langsung juga oleh Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A Paliwang, SH, M.Hum dan Wakapolda Kaltara Wakapolda Kaltara Brigjen Pol. Kasmudi, S.I.K serta unsur pejabat daerah lainnya. Termasuk, Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H dan perwakilan Kodim 0903/Bulungan.

Acara saat itu diawali dengan sambutan Ketua SPJ Kaltara, Wiwit Susanto. Pertama, dalam sambutannya bahwa tak lupa mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran pejabat tinggi di provinsi ke-34 ini. Termasuk, para pejabat TNI/Polri atau yang mewakili serta para tamu undangan lainnya.

Wiwit pun dalam hal ini tak lupa juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh rekan – rekan atau masyarakat Jawa atas donasi yang diberikan secara ikhlas guna mensukseskan jalannya acara ini. “Dan tentunya saya sampaikan dengan adanya momen kegiatan buka puasa bersama dan SPJ peduli sesama dapat dijadikan suatu acara menyambung silaturahmi serta gerakan beramal yang berguna bagi masyarakat umum,” ujar Wiwit dalam sambutannya.

Wiwit juga menjelaskan, SPJ adalah organisasi yang menjadi wadah kepemudaan warga Jawa di Kaltara. Ia berharap organisasi ini terus bisa menjadi wadah aspirasi generasi muda, termasuk sarana menyalurkan potensi yang mereka miliki. “Kita berharap potensi dari sekian banyak pemuda Jawa di sini bisa dijadikan satu wadah. Kemudian SPJ diharap bisa menjadi tempat untuk menunjukkan eksistensi mereka,” kata Wiwit.

Baca juga  Polda Kaltara Gelar Rapat Penanggulangan Karhutla di Wilayah Hukum Polda Kaltara

Sebagaimana diketahui, SPJ menggelar musyawarah besar (mubes) pertamanya di awal tahun 2022. Organisasi ini kemudian menunjukkan eksistensinya melalui pengukuhan pengurus dan gelaran silaturahmi akbar di pertengahan tahun 2022. “Semangat menjadi kunci bagi kami, semangat gotong royong dengan prinsip sembodo ing karyo menjadi landasan kita, khususnya untuk bertanggung-jawab terhadap hal-hal yang ingin dicapai di awal pembentukan SPJ,” papar Wiwit.

Sementara, Gubernur Kaltara dalam sambutannya menyampaikan segala rasa syukur atas berlangsungnya acara ini. Sehingga dapat saling bersilaturahmi dalam kegiatan buka puasa bersama dan penyerahan santunan kepada anak yatim.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Serikat Pemuda Jawa (SPJ) Kaltara yang telah menginisiasi hingga terlaksananya kegiatan ini,” ujar Gubernur Kaltara.

Baca juga  Kapolda Kaltara besuk Datu Buyung Perkasa tokoh adat Bulungan

Lanjutnya, tentunya kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif, tidak hanya sebagai wadah saling bersilaturahmi diantara sesama pengurus SPJ Kaltara dengan pemerintah dan organisasi mitra lainnya. Melainkan, rangkaian kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang penuh dengan manfaat karena dilaksanakan pada bulan yang penuh keberkahan, bulan suci Ramadan, yaitu penyerahan santunan kepada anak yatim.

“Terlebih lagi, apa yang kita laksanakan pada hari ini juga sesuai dengan himbauan Presiden Republik Indonesia. Bapak Joko Widodo yang telah mengajak kita untuk memanfaatkan momentum ibadah puasa di bulan ramadan agar diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti menyalurkan bantuan kepada mereka yang lebih membutuhkan, memberi santunan untuk fakir miskin, serta memberi santunan untuk yatim piatu,” terangnya.

Tambahnya, dalam momentum buka puasa bersama ini, pihaknya berpesan kepada semua agar dapat bersungguh-sungguh meresapi arti dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Tidak hanya sebagai bagian dari menetapi syariat Islam, tetapi juga dari sisi kemanusiaan dan kesadaran sosial.

“Sebagai umat Islam, kita tentu mengetahui bahwa puasa Ramadan merupakan perintah Allah SWT sebagaimana termaktub dalam qs. Al-Baqarah: 183 yang berbunyi, “hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”, ” bebernya.

Baca juga  "Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini", Yuks Ikuti Webinar Literasi Digital Ini...

Namun, di sisi lain, perlu juga disadari bahwa ibadah puasa dalam bulan Ramadan juga memiliki banyak hikmah dan manfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Puasa Ramadan dapat meningkatkan kesadaran sosial karena selama puasa akan lebih peka terhadap kondisi orang lain yang mungkin membutuhkan bantuan. Dengan demikian bahwa akan lebih cenderung untuk membantu dan berbagi dengan sesama.

“Puasa Ramadan juga dapat menumbuhkan nilai-nilai kebaikan seperti kasih sayang, toleransi, keikhlasan dan kebaikan hati. Seperti yang kita laksanakan pada hari ini, Alhamdulillah kita dapat berbagi dan memberikan santunan kepada anak yatim,” ucapnya. 

“Mari kita jaga selalu semangat beribadah dan berbagi dalam kebaikan, tidak hanya dalam bulan suci Ramadan, tetapi juga pada bulan-bulan lainnya,” tutupnya. 

Gubernur Kaltara selanjutnya bersama pejabat lainnya melaksanakan penyerahan paket sembako dan santunan secara simbolis. Dan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Dilanjutkan kembali dengan penyampaian hikmah Ramadan oleh Ustadz M. Kasman Gaffar. Hingga pada akhirnya digelar buka bersama dan salat berjamaah. Acara diakhiri dengan ramah tamah sembari menyaksikan penampilan akustik religi. (*)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer