IKAT Tanjung Selor Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Sunatan Massal Gratis, Disambut Animo Masyarakat yang Tinggi

redaksi

TANJUNG SELOR, penakalatara.id – Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Tanjung Selor menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal yang berlangsung di Halaman Gereja Toraja Jemaat Sion Tanjung Selor, Sabtu (06/07/2024).

Bupati Bulungan Syarwani S.Pd., M.Si secara resmi membuka kegiatan Baksos yang rutin digelar setiap tahunnya oleh IKAT. Bahkan, pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tenguyun ini secara langsung memberikan suatu apresiasi tinggi.

“Ini adalah sebuah bentuk sinergitas dan kerjasama yang baik. Atas nama pemerintah daerah kami mengapresiasi tinggi atas pelaksanaan Baksos IKAT ini,” ucap Bupati Bulungan dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati mengharapkan ke depan kegiatan sosial seperti ini dapat terus digalakkan. Animo masyarakat yang tinggi pada pelaksanaan Baksos ini. Menandakan bahwa program ini berhasil menyentuh masyarakat secara langsung. Oleh karenanya, wajar pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi apresiasi itu diberikan.

“Terimakasih atas kepedulian dan kontribusi nyata kepada masyarakat di Kabupaten Bulungan. Hingga difasilitasinya anak – anak yang akan sunat atau khitan ini,” ucap Bupati.

Baca juga  Yayasan Faqih Hasan Centre Gelar FGD Bersama Sahabat Disablitas Bulungan, Angkat Tema "Lawan Stigma Demi Merajut Asa"

Sementara, Ketua IKAT Tanjung Selor, dr. Medianto Rombetasik, Sp.B., dalam hal ini senada menyampaikan rasa terimakasih atas hadirnya Bupati Bulungan di setiap acara yang diselenggarakan IKAT Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan. Dan benar bahwa kegiatan ini adalah bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dan memberikan manfaat kesehatan bagi mereka yang mengikuti pemeriksaan dan sunatan massal,” ujar dr. Medianto.

Dikatakannya juga, IKAT Tanjung Selor dalam menjalankan setiap program yang ada. Ditegaskannya bahwa tidak pernah membedakan membedakan suku ras dan agama. Program yang ada murni untuk masyarakat di Kabupaten Bulungan. Seperti pada pelaksanaan sunat massal ini setidaknya lebih dari 80 anak – anak yang telah terdaftar. Jumlah ini dimungkinkan terus bertambah.

Baca juga  Bupati Bulungan Hadiri HUT ke-4 Korem 092/Maharajalila

“Prinsip kami adalah dimana Bumi dipijak di situ langit dijunjung. Program sosial ini tak hanya sampai di sini. Bulan depan kami akan donor darah. Dan ini rutin digelar setiap tahunnya,” ungkapnya .

“Mudahan tahun berikutnya. Kami memiliki Sekretariat sehingga bisa melaksanakan program lebih baik lagi. Tenaga medis, perawat dan lain – lainnya siap bantu. Dan menang sesuai pesan saya bahwa apa saja potensi yang dimiliki oleh kita dalam hal ini IKAT pastikan akan sumbangkan ke warga di Bulungan,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Ketua IKAT Bulungan Djohannis Rappun mengatakan bahwa kegiatan ini adalah benar sebagai salah satu upaya IKAT dalam berkontribusi positif bagi masyarakat. “Kami selalu berusaha untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan kegiatan yang bermanfaat, dan kami berharap dapat terus melanjutkan program-program sosial seperti ini di masa mendatang,” katanya seraya memberikan apresiasi juga ke IKAT Tanjung Selor.

Adapun, untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan IKAT Tanjung Selor meliputi berbagai layanan, antara lain pengecekan tekanan darah, pemeriksaan laboratorium (meliputi tes Glukosa, Asam Urat, dan Kolesterol), konsultasi dengan dokter, serta pengobatan umum.

Baca juga  Bertemu Pj Wali Kota Tarakan, Ombudsman RI Kaltara Harapkan Hal Ini ....

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, yang merasa sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis dan sunatan massal tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada IKAT Tanjung Selor atas kegiatan ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan di masa depan,” ungkap salah satu warga yang ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, IKAT Tanjung Selor menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi organisasi lainnya untuk turut serta dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas. (***/)

Baca juga

Tags

Ads - Before Footer