Kapolresta Bulungan Pimpin Upacara Sertijab Kasat Samapta, Kasat Polairud dan Kapolsek Tanjung Palas Barat

redaksi

PENAKALTARA, TANJUNG SELOR – Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H memimpin secara langsung upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kasat Samapta, Kasat Polairud dan Kapolsek Tanjung Palas Barat di Lapangan Merah Mako Polresta Bulungan, Kamis (11/5/2023). 

Dalam amanatnya, Kapolresta Bulungan mengatakan bahwa pelaksanaan sertijab ini merupakan hal yang wajar dilakukan secara terencana, teratur dan berkesinambungan. Tujuannya, selain agar organisasi lebih dinamis, sertijab juga bagian dari tour of area dan tour of duty bagi pejabat yang bersangkutan. 

“Disamping ini juga sebagai upaya menggali potensi dan inovasi baru, serta penyegaran wawasan,” ucap Kapolresta Bulungan. 

Baca juga  Satreskrim Polresta Bulungan Ungkap Kasus Tindak Pidana Penggelapan

Oleh karenanya, lanjut Kapolresta, setiap pergantian ini harus dipandang sebagai suatu perwujudan meningkatkan kinerja satuan atau akumulasi untuk meningkatkan etos kerja setiap personel yang mengawaki organisasi. Dengan demikian ke depan tugas fungsi dan peran satuan ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya. 

“Apalagi, di era reformasi ini fungsi kepolisian sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban umum masih menjadi tumpuan harapan masyarakat, sehingga dalam kapasitas sebagai alat negara. Polri diberikan tanggung jawab menyelenggarakan pemerintah untuk menjamin tegaknya hukum,” ungkap Kapolresta. 

“Mengapa? di sini supaya terwujud keamanan dalam negeri yang stabil. Sehingga memungkinkan setiap individu dalam masyarakat dapat menjalankan seluruh dinamika kehidupan dengan baik,” sambung Kapolresta. 

Baca juga  Gara - gara Hutang Piutang, Pelaku Bunuh Korban dan Rumah Dibakar.Kapolresta : Pelaku Dijerat Pasal Berlapis

Lebih lanjut, perkembangan kondisi dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polresta Bulungan menunjukkan kondisi yang kondusif. Namun, ada hal yang perlu mendapat perhatian serius l. Utamanya, kasus – kasus yang menonjol. Untuk itu, perlunya dilakukan evaluasi setiap bulan guna menentukan langkah selanjutnya dalam menangani permasalahan tersebut. 

“Untuk para Kapolsek perlunya ditingkatkan hubungan baik dengan para pemimpin instansi di kecamatan, Tomas, Toga, Todat dan Toda dalam menangani tugas di lapangan. Jalin, soliditas dan sinergitas, khususnya dengan TNI,” pintanya. 

Baca juga  Berlangsung Santai, Warga dan Kapolresta Saling Diskusi Perihal Persoalan di Wilayah Hukumnya

Dikatakan juga, dalam mewujudkan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. Hendaknya bersama dapat menampilkan sikap yang simpatik dan tidak arogan. Melainkan, harus mampu bersikap tegas sesuai dengan koridor peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku. 

“Ini tentunya ditujukan untuk masyarakat agar mau mendukung dan berpartisipasi terhadap upaya pembinaan kamtibmas,” katanya. 

Tak lupa, Kapolresta Bulungan mengucapkan selamat kepada pejabat yang menempati posisi barunya. “Terimakasih atas pelaksanaan tugas selama ini di Polresta Bulungan. Selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga nanti dapat mengembangkan karier saudara lebih baik,” ungkapnya. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer