Beri Rasa Aman, Polresta Bulungan Pengamanan Ibadah Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak

redaksi

penakaltara.id,TANJUNG SELOR – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan bersama personel pengamanan lainnya melaksanakan pengamanan jalannya ibadah peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE, Minggu (4/6/2023). 

Tampak, apel persiapan pengamanan digelar pada pagi hari sebelum puluhan umat Buddha Tanjung Selor, Bulungan memadati Vihara Dharma Cakra untuk mengikuti sejumlah ritual ibadah peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE.

Seperti diketahui, Hari Raya Tri Suci Waisak merupakan hari besar bagi umat Buddha. Hari Raya Tri Suci Waisak dilakukan untuk memperingati tiga peristiwa penting bagi umat Buddha. Yakni lahirnya Pangeran Siddharta, kemudian perjalanan Siddharta mencapai kesempurnaan menjadi Buddha Gautama dan wafatnya Buddha Gautama.

Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H mengatakan, pengamanan pada hari raya itu memang menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Dengan harapan masyarakat yang melaksanakan ibadah pada perayaan tersebut dapat merasa aman dan nyaman. 

Baca juga  Tekan Angka Lakalantas, Polresta Bulungan Rutin Gelar Razia

“Sejumlah personel sudah kami siagakan sejak sebelum ibadah berlangsung. Tujuannya, agar selama prosesi ibadah berjalan dengan aman dan lancar,” kata Kapolresta Bulungan. 

Sementara, Pandita Vihara Dharma Cakra Romo Sutrimo mengatakan perayaan Waisak 2567 BE kali ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkokoh moral dan laku umat Buddha sesuai ajaran Buddha Gautama.

“Tentu kita harus memperkokoh moral kita dan dengan kokohnya moral maka tercipta ketentram dunia dan kedamaian untuk semua mahluk,” kata Romo Sutrimo.

Baca juga  Polresta Bulungan Tegaskan Bakal Menindaklanjuti Keluhan Warga yang Diutarakan pada Jum'at Curhat

Romo Sutrimo mengatakan dengan pemaknaan yang mendalam serta diikuti praktek yang konsisten maka ajaran Buddha Gautama akan membawa kebaikan bagi kehidupan manusia.

“Kami berharap Umat Buddha di Tanjung Selor dan Kaltara memaknai kehidupan seperti ajaran dari Guru Agung Buddha Gautama,” ungkapnya. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer