Semarak!!! Ada Doorprize di Acara Jalan Sehat Bulan Merdeka Belajar

redaksi

PENAKALTARA.ID, TANJUNG SELOR – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) dan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar jalan sehat bulan Merdeka Belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” yang berlangsung di Tebu Kayan Tanjung Selor, Minggu pagi (21/5/2023).

Acara tersebut tampak dihadiri oleh Gubernur Kaltara, Drs.Zainal Arifin Paliwang. SH., M.Hum dalam hal ini diwakili Sekretaris Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Suriansyah, M.AP. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara H.Suryansyah, S.Ag,M.Pd, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd., M.Si, Kepala Disdikbud Bulungan Drs. Suparmin S, PT PKN dan unsur Forkopimda lainnya di Kaltara dan Bulungan.

Acara yang diawali dengan jalan sehat rute di sekitar wilayah Tanjung Selor. Bupati Bulungan, Syarwani S.Pd., M.Si didampingi pejabat lainnya secara resmi melepas rombongan pelajar, guru dan masyarakat umum lainnya. Diperkirakan lebih dari 500 peserta yang mengikuti jalan sehat yang dilanjutkan dengan senam bersama.

Sekprov Kaltara Dr H Suriansyah, M.AP dalam sambutannya mengatakan, pihaknya pertama mengapresiasi atas terselenggaranya acara jalan sehat bulan Merdeka Belajar. Menurutnya, ajang ini sekaligus sebagai jalinan silahturahmi. Sehingga diharapkan momentum ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga  Polda Kaltara Gelar Jumat Curhat di Pondok Pesantren Fatimah Az-Zahra - Pena Kaltara

“Dengan kokohnya jalinan silahturahmi. Maka, ini secara tak langsung berdampak pada suatu perkembangan apik bagi provinsi ini,” kata Sekprov Kaltara dalam sambutannya.

Sementara, mengenai merdeka belajar ini. Pemprov Kaltara tentu sangat mendukung penuh. Momen Hardiknas yang diperingati setiap 2 Mei. Maka, diharapkan dapat menjadi refleksi. Sehingga mereka dalam hal ini pelajar dan guru dapat benar – benar merasakan merdeka. “Mari jadikan refleksi. Sehingga mereka dapat benar – benar merasa merdeka,” tutup Sekprov. 

Seirama disampaikan, Bupati Bulungan, Syarwani S.Pd., M.Si yang mengapresiasi terlaksananya acara ini. Atas nama pemerintah daerah pihaknya siap mendukung penuh. Salah satunya dengan terus memberikan fasilitas di Tebu Kayan Tanjung Selor. Ke depannya bagaimana dapat dimanfaatkan para guru dan pelajar.

“Kami di sini memberikan fasilitas ini yang sekiranya murid agar tidak jenuh. Maka, mereka dapat melaksanakan proses belajar mengajar di Tebu Kayan. Silahkan digunakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Syarwani. 

Baca juga  Srikandi Polda Kalimantan Utara Raih Juara Kapolri Cup Kelas Judo Tahun 2023

Sementara, Kepala BPMP Kaltara, Dr. Jarwoko, M.Pd mengatakan, pertama mengucapkan rasa terimakasih atas sinergitas pemerintah daerah. Sehingga memudahkan para pelajar dapat memaksimalkan program merdeka belajar. Fasilitas Tebu Kayan Tanjung Selor memang cukup menunjang perihal penerapan program tersebut. 

“Tapi, perlu diketahui bersama bahwa Merdeka Belajar di sini adalah menggali potensi terbesar para guru dan murid untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas belajar secara mandiri. Hingga nantinya terbentuk pondasi yang kuat untuk masa depan,” ungkap Jarwoko. 

Lanjutnya, pihaknya dalam hal ini mengajak para guru agar tetap semangat dan terus berikan pelayanan pendidikan yang baik. Karena pada hakekatnya bahwa pendidikan ini sebagai upaya memanusiakan manusia. “Prosesnya tidak mungkin berhenti. Sejak dini sampai ke depannya tetap terus berproses. 

Lebih lanjut, adanya proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Ke depan tak hanya membuat pelajar pintar. Melainkan bermanfaat. Melalui P5 ini mendorong mereka untuk lebih kritis, mandiri dan mau bergotong royong. “Sekali lagi, terimakasih kepada pihak pemerintah yang juga selama ini terus mendukung penuh. Utamanya juga dalam peningkatan mutu pendidikan di Kaltara ini,” tukasnya.

Baca juga  "Semuanya akan tiktok pada waktunya!". Yuk ikuti Webinar Literasi Digital

Di tempat yang sama, Kepala BGP Kaltara, Drs. Hari Purwanto, M.Si menambahkan, melalui kegiatan ini memang benar diharapkan ke depan program merdeka belajar dapat lebih populer di provinsi ini. Sehingga pelajar dapat merasakan suatu kebahagiaan dan ceria saat proses belajar mengajar digelar.

“Kolaborasi kami dengan BPMP dalam melaksanakan kegiatan ini. Suatu upaya mendorong untuk bergerak bersama merdeka belajar. Termasuk terus menerapkan P5 yang selama ini sudah cukup banyak memberikan dampak positif ke pelajar,” ujarnya. 

“Untuk guru – guru pun selama ini terus kami dorong agar dapat benar – benar maksimal dalam menerapkan program belajar mengajar,” tutupnya. 

Untuk diketahui, pada acara jalan sehat dalam bulan merdeka pelajar. Diakhiri dengan penyerahan hasil undian doorprize. Seluruh peserta sangat terhibur lantaran cukup banyak hadiah yang diberikan. Untuk hadiah utamanya, kulkas, mesin cuci, rice cooker, kipas angin dan lainnya. (*) 

Sumber : Rilis Humas

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer