Chance & Challenge buat Gen-Alpha di Digital Era

redaksi


TANJUNG SELOR, penakaltara ID – Tak dapat dipungkiri, perkembangan dunia digital telah menyasar ke segala sisi kehidupan. Saat ini, rasanya hampir tidak ada sisi kehidupan yang tidak terpengaruh proses digitalisasi.

Tetapi, masih banyak pengguna internet yang hanya mampu menerima informasi tanpa kemampuan memahami dan mengelolah informasi tersebut secara baik. Sehingga masih banyak masyarakat terpapar oleh informasi yang tidak benar.

Menyikapi hal itu, maka baru-baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar seri webinar literasi digital #MakinCakapDigital dengan tajuk “Chance & Challenge buat Gen-Alpha di Digital Era”. 

Webinar yang digelar pada Selasa (28/2) di Kabupaten Mempawah, diikuti oleh ratusan peserta secara daring.

Baca juga  Gerak Bersama Ditsamapta Polda Kaltara Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

Webinar ini mengundang narasumber dari bidang keahlian dan profesi, yakni Mufid Masruhan – Relawan TIK Indonesia, Vivid Sambas – Life Coach dan Penulis, Reiza Praselanova, M.I.Kom – Praktisi Komunikasi Digital.

Salah satu narasumber yaitu Vivid Sambas menyampaikan paparannya. “Kita bicara budaya itu adalah kultur atau kebiasaan karena manusia adalah makhluk kebiasaan. Apa yang kita lakukan itu day today adalah kebiasaan di dalam dunia digital. Yuk, mari adik-adik semua kita tumbuhkan kesadaran, sadar dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik di dunia digital. Ingat seperti tanaman padi, kita perkuat akar kita, kita kenali diri kita, kita bertumbuh dipupuk dengan hal-hal yang baik dan berada dalam komunitas atau lingkungan digital yang tepat, berdigital dengan kesadaran,” bebernya.

Selanjutnya dalam Narasumber kedua Reza Praselanova dalam meterinya menyampaikan bahwa “Walaupun teknologi ini sudah banyak berkembang, banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengerjakan PR kalian tinggal foto langsung keluar jawabannya tapi tetap kalian harus bangun komunikasi dengan guru-guru kalian kalian harus sering-sering berkomunikasi jangan malu-malu jangan takut-takutbelajar langsung dari guru. Semangat terus belajarnya dan jaga keamanan di ruang digital,” ajaknya.

Baca juga  Wujudkan Pemilu Aman dan Damai, Gencarkan Sambang Kamtibmas ke Masyarakat

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Kabupaten Mempawah, kegiatan ini pun terbuka bagi semua orang yang berkeinginan untuk memahami dunia literasi digital. (rch)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer