Kemenkominfo Hadirkan Program Makin Cakap Digital di Kalimantan

redaksi

TANJUNG SELOR, Pena Kaltara – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Siber Kreasi kembali menghadirkan program Makin Cakap Digital pada tahun 2023. Kali ini, pihaknya berkerjasama dengan Pendidikan Digital Kalimantan.

Program Makin Cakap Digital 2023 ini mengambil tema “Membangun Generasi Emas di Era Digital”. Tujuannya, mengembangkan kemampuan komunikasi digital.

Program ini akan berlangsung melalui virtual aplikasi Zoom pada, Jumat 24 Februari 2023. Adapun Kegiatan ini akan dibuka pukul 08.00 sampai 10 WIB.

Tiga narasumber akan dihadirkan, yakni dr Citra Rosalyn Anwar dari Japelidi, Cipta Canggih Perdana selaku Mentor Kelas Bebas Bicara, dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Sartika S Wardanhi. 

Acara nya akan dipandu oleh Nona Miftah. Registrasi dapat dilakukan melalui link https://s.id/MCDKalimantaneps1. Tiap Peserta nantinya akan mendapatkan E-sertifikat Kementerian Kominfo, dan. E- Money untuk 10 peserta.

Baca juga  Peringati Hari Bhayangkara Ke-77, Kapolda Kaltara Membuka Pertandingan Tenis Lapangan Kapolda Cup I Tahun 2023

Pada tahun sebelumnya, Program Makin Cakap Digital 2022 sukses digelar dengan menghadirkan banyak peserta. Program ini banyak diminati mengingat akses belajar yang mudah tanpa harus bertatap muka.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 

Salah satunya, yang telah berjalan yaitu Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara Virtual di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Dengan mengangkat topik “Membangun Generasi Emas Era Digital di Kabupaten Mempawah”.

Workshop ini sebagai bentuk peran aktif Kemenkominfo agar masyarakat dapat secara bijak menggunakan internet, untuk membentuk generasi Literasi Digital di Kabupaten Mempawah yang memiliki karakter, berkualitas dan memiliki memiliki daya saing tinggi. Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 600an peserta yang terdiri dari Peserta Didik SMP & SMA Kab. Mempawah, Kalimantan Barat.

Baca juga  Tiga Bangunan Ludes Dilahap si Jago Merah, Berikut Kronologisnya

Menghadirkan 3 Narasumber yang berkompeten di bidangnya, salah satu narasumbernya adalah Cipta Canggih Perdana, S.E., M.M dengan materi cakap digital mengatakan alasan kenapa perlu memiliki kecakapan digital ”untuk dapat Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk sumber pembelajaran dan Menjadi lebih produktif. Adik2 bisa jadi lebih produktif, bukan hanya di dunia nyata tapi juga di dunia maya. Bagaimana caranya supaya adik2 sebagai generasi emas sehingga dapat membawa perubahan di masa depan”Cipta Canggih Perdana, S.E., M.M menyebutkan ketika seseorang telah memiliki kecakapan digital, teman2 bisa lebih siap untuk masa depan.

Baca juga  Ditbinmas Polda Kaltara Sampaikan Pesan Kamtibmas Dalam Sambang Satpam

Selanjutnya narasumber kedua Dr. Citra Rosalyn Anwar., S.Sos., M.Si. dengan materinya Etika Digital “Bukan hanya wajah yang harus glowing-Profil di internet pun harus glowing” Pastikan, wajah digital kita menunjukkan prestasi2 yang baik.

Persoalannya, semakin banyak kita di internet, semakin banyak hal2 yang harus kita perhatikan, Ada apa saja di internet? Ada kejahatan, ada cyberbullying, ada ditipu.“

Dan narasumber yang terakhir Sartika S Wardanhi dengan materi Budaya Digital menjelaskan bahwa “melalui penguatan nilai2 budaya dan Pancasila berbasis kearifan lokal, maka diharapkan menjadi modal untuk mencapai terwujudnya generasi emas yang makin cakap digital, mandiri, kreatif-inovatif, memiliki daya saing dan daya juang, serta generasi yang kompeten.” (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer