Beri Kontribusi ke Kaltara, Senator Hasan Basri Salurkan 340 Beasiswa KIP Ke Mahasiswa/I UBT

redaksi

TARAKAN – Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri menyerahkan beasiswa KIP Kuliah aspirasi bagi mahasiswa di lingkungan Universitas Borneo Tarakan, Jumat (13/11/2023).

Penyerahan beasiswa KIP Kuliah 2023 aspirasi itu dilaksanakan di Aula Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang dihadiri langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Djaya Bakri, Civitas Akademika UBT, Mahasiswa/I dan orang tua penerima Beasiswa KIP Kuliah 2023.

Dalam sambutannya, Hasan Basri yang saat ini juga menjabat sebagai Penasehat KKSS Kalimantan Utara mengatakan aspirasi yang diserahkan tersebut bukan karena Universitas Borneo Tarakan, tetapi menurut ia sudah menjadi kewajibannya selaku wakil rakyat untuk berkontribusi ke daerah Kalimantan Utara.

Senator asal Kalimantan Utara ini mengaku, dirinya sengaja bertahan di Komite III DPD RI sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib pendidikan di Daerah Perbatasan Khususnya di Kalimantan Utara.

Baca juga  DPRD Sepakat Mempercepat Perda Bahasa dan Balai Bahasa Kaltara

Menurutnya, masih banyak tenaga pendidik dan siswa/i maupun siswa/i di Kalimantan Utara yang butuh bantuan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi.

Hasan Basri menambahkan, di Kemendikbud Ristek ada namanya PIP reguler dan PIP aspirasi. PIP reguler diusulkan oleh satuan pendidikan, sementara PIP aspirasi tidak diusulkan, tetapi anggota DPD RI yang harus datang.

“Kita berharap, semoga tidak ada lagi anak muda yang tidak bersekolah/berkuliah, karena mereka yang akan menggantikan kita semua di masa yang akan datang, ” kata Hasan Basri.

“Jadi nanti kalau dananya sudah cair, pergunakan untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Buat beli makan, beli buku dan keperluan kuliah yang bermanfaat jangan buat beli yang aneh-aneh,” lanjutnya.

Baca juga  "Cara Asik Belajar Pake Media Digital", Yuks Ikuti Webinar Literasi Digital Ini...

Hasan Basri juga mengatakan, kinerja yang saat ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Beliau (Hasan Basri) yaitu Berhikmat untuk rakyat.

“Insyaallah kita berikan bantuan untuk semua khususnya untuk yang berada di daerah perbatasan, ”katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Djaya Bakri,mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komite III DPD RI, Hasan Basri karena selalu membantu masyarakat di Kalimantan Utara mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih. Kalau sudah ada bantuan seperti ini, maka IPK mahasiswa harus naik, dan harus rajin belajar,” kata Djaya Bakri.

Djaya Bakri, juga berharap, kedepan wakil-wakil rakyat di senayan terus memperjuangkan aspirasi pendidikan di daerah, karena masih banyak yang perlu dibenahi.

Baca juga  Ambil Langkah Agresif dalam Transisi Energi, PLN Jalin 28 Kerjasama pada EBTKE Conex 2023

“Ini adalah bukti nyata perhatian beliau terhadap pendidikan di daerah perbatasan. Kami berharap bapak hasan basri terus berjuang untuk memperjuangkan aspirasi di daerah perbatasan. Semoga kedepannya kuota beasiswa dapat ditingkatkan,” ujarnya

Selanjutnya ia berharap semoga tradisi seperti ini bisa menular kepada anggota DPD RI lainnya. Dia mengatakan, dengan adanya bantuan seperti ini, membuat hubungan antara Hasan Basri dengan masyarakat semakin dekat.

Dalam kesempatan tersebut, ia menekankan bahwa Ia (Hasan Basri) mempunyai komitmen kuat untuk terus mengawal program-program pendidikan yang pro rakyat, salah satunya pemberian beasiswa.

Diketahui, sejak awal menjabat di DPD RI hingga saat ini sudah kurang lebih 26.000 PIP dan 1300 KIP Kuliah yang diberikan oleh Hasan Basri yang tersebar di Kalimantan Utara. (*)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer