Polda Kaltara Gelar Rapat Penanggulangan Karhutla di Wilayah Hukum Polda Kaltara

redaksi

TANJUNG SELOR – Rabu 09 Agustus 2023 Polda Kaltara melaksanakan Rapat Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2023 di gendung EX Command Center Polda Kaltara.

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya,.S.H., S.I.K.,MS.i. yang di hadiri Para PJU Polda Kaltara dan Jajaran, Gubernur Kalimantan Utara, Komandan Korem092/Maharajalila, Kepala BPBD Prov.Kaltara, Kepala Dinas Kehutanan Prov.Kaltara, Kepala Badan Metereologi dan Geofisika, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Manggala Agni Kalimantan Utara.

Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) Suatu peristiwa terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbukan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik.

Baca juga  Februari 2023, Realisasi APBN Capai Rp1,10 Triliun, Tumbuh 8,65 Persen (YoY)

Prediksi musim kemarau yang terjadi di Prov. Kaltara ini Memicu kekeringan & minimnya curah hujan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan 

Dan muncul nya Fenomena el nino diprakirakan meningkat mencapai kategori moderat sampai

Oktober 2023 dengan kecenderungan menurun menuju intensitas lemah pada November 2023

Baca juga  Polda Kaltara Gelar Jumat Curhat, Serap Aspirasi Masyarakat

Memicu kekeringan & minimnya curah hujan akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan menyebabkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Perlunya upaya-upaya penanggulangan Karhutla yaitu tingkatkan sinergitas 3 Pilar ( Kades, Babinsa,dan Bhabinkamtibmas ), pemasangan spanduk yang berisikan ajakan,himbauan dan sanki pidana, dan melaksanakan kegiatan patroli terpadu guna mengantisipasi ancaman karhutla baik di sengaja atau kelalaian”. Ujar Kapolda Kaltara. (*) 

Baca juga  Pelaku Pembunuhan Nenek di Panti Jompo Terungkap

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer