Jum’at Curhat Jadi Solusi Mudah Warga Melapor Keluhannya

redaksi

TANJUNG SELOR – Menjadi sebuah agenda rutin setiap pekannya, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan menggelar Jum’at Curhat sebagai wadah menampung keluh kesah masyarakat di wilayah hukumnya. Seperti yang tengah berlangsung di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor, Jum’at pagi (21/4/2023). 

Kapolresta Bulungan, Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H didampingi sejumlah PJU Polresta Bulungan mendengar keluhan warga di pelabuhan penyebrangan tersebut. Termasuk, pemilik speedboat, motoris speedboat serta pemudik yang mengunakan jasa transportasi air.

Kapolresta Bulungan mengawali dalam paparannya bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan atau agenda rutin yang serentak dilaksanakan oleh institusi kepolisian. Yakni, untuk menyerap aspirasi masyarakat dan keluhan- keluhan dari masyarakat khususnya dalam pemeliharaan keamanan ketertiban di masyarakat, khususnya di Kabupaten Bulungan. 

Dan saat ini tentunya secara sinergis terfokus kepada masyarakat yang hendak mudik, tentunya. “Saya ucapkan selamat jalan semoga selamat sampai tujuan dan selalu jaga kesehatan bapak ibu sekalian, saya juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin,” ucap Kapolresta Bulungan. 

Baca juga  Tekan Angka Lakalantas, Sat Lantas Polresta Bulungan Sosialisasikan Etika dan Tata Cara Berlalulintas ke Pelajar

Dalam hal ini, pada kesempatan itu Kapolresta Bulungan mempersilahkan kepada warga yang hadir apabila ada pelayanan dari personel yang dinakhodai kurang berkenan. “Silahkan sampaikan ke kami nanti kita akan evaluasi. Jika ada yang perlu disampaikan kami persilahkan dan bila membutuhkan sesuatu silahkan bapak ibu dapat menghubungi pospam, posyan terdekat,” imbau Kapolresta Bulungan. 

Sementara, Rita salah satu calon pemudik menyampaikan pertama sebuah apresiasi dan terimakasih banyak atas bantuan polisi. Hal itu terlihat jelas saat Ia sampai di pelabuhan penyebrangan sudah ada yang membantunya. “Kami terimakasih sudah dibantu dan dijaga. Kami tahu tujuannya agar pemudik seperti kami dapat mudik dengan rasa aman. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih bapak Kapolresta,” ucapnya. 

Di tempat yang sama, penyampaian dari perwakilan buruh, Mustari. Menurutnya bahwa dari buruh angkut pelabuhan ingin menyampaikan bahwa besok lebaran ini banyak dari penumpang yang hendak mudik. Baik keluar Bulungan maupun yang masuk ke Bulungan. Sehingga ia berharap ada tambahan petugas baik dari syahbandar maupun dari kepolisian untuk memberikan pemahaman bagi para penumpang yang membawa barang melebihi ketentuan. 

Baca juga  Terjunkan Personel ke SPBU, Polresta Bulungan Pastikan Distribusi BBM Tepat Sasaran

“Karena akan berdampak pada beban speed yang mempunyai kapasitas terbatas karena selama ini kalau ditegur malah terjadi keributan antara penumpang dan pemilik speed,” jelasnya. 

“Dan sekiranya agar diperhatikan kepada pemilik speed untuk dapat menyiapkan Armada tambahan sebagai cadangan, karna ditakutkan akan terjadi kendala mungkin kerusakan yang mengakibatkan penumpukan penumpang. Sebab, bila ada armada tambahan setidaknya bisa tertangani semua penumpang yang ada,” sambungnya. 

Di kesempatan itu, Kapolresta Bulungan menanggapi secara langsung, yaitu saat ini melalui pelaksanaan operasi ketupat dan tentunya pos yang ada di pelabuhan ini akan ditempatkan personel dari semua stakeholder yg berkompeten di pelabuhan untuk mengantisipasi adanya keluhan dari masyarakat serta pemilik sped sehingga dapat berjalan sesuai dengan aturan yg berlaku. 

Baca juga  Balap Liar Marak, Ini yang Dilakukan Polresta Bulungan

“Dan mengenai armada tambahan menurut saya itu saran yang sangat baik, nanti kita akan coba koordinasi dan komunikasikan dengan pihak terkait seperti pemilik armada speed, pemerintah daerah tentu saja kita akan meminta pertimbangan dari Dishub yang memang mengawaki di sini,” jelasnya. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, perwakilan speedboat juga turut menyuarakan. Khususnya, mengenai pembatasan penumpang dan lainnya. Termasuk, pedagang kaki lima yang berharap ada pengamanan yang lebih intens. Sehingga tidak sampai terjadi aksi pencurian dan lain sebagainya. 

Tak lupa, sebagai penutup Kapolresta Bulungan atas nama pribadi dan mewakili seluruh personel Polresta Bulungan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. “Dan sampaikan salam hormat kami kepada kerabat di kampung halaman, tetap jaga kesehatan dan selalu patuhi peraturan yang ada,” tutupnya. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer