Cegah Terjadinya Human Error, Sidak Motoris dan ABK Untuk Tes Urine

redaksi

TANJUNG SELOR – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan kembali memberikan atensi penuh selama arus mudik lebaran tahun ini. Salah satunya, mencegah terjadinya human error yang dapat menimbulkan peristiwa kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan laut.

Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H mengatakan, salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan tes urine terhadap motoris dan ABK speedboat di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara.

Pemeriksaan tes urine dilakukan di dua lokasi yakni Pelabuhan Kulteka dan Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor, Selasa (18/4/2023). Tujuannya, tak lain untuk mengetahui kondisi kesehatan motoris serta ABK di masa arus mudik Lebaran.

Baca juga  Jum'at Curhat, Warga Minta Keamanan di Pasar Induk Ditingkatkan

Tercatat, sekitar 50 motoris dan ABK yang telah dilakukan tes urine. “Di sini kami ingin memastikan motoris dan ABK dalam kondisi yang sehat dan fit,” kata Kombes Pol Agus Nugraha.

“Setidaknya pada pelaksanaan ini telah disiapkan sekitar 50-an. Ini di dua tempat pelaksanaan, Pelabuhan Kayan II dan Kulteka,” sambungnya. 

Adapun, lanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan tes urine yang dilakukan secara inspeksi mendadak (sidak). Kapolresta Bulungan bersama Dandim 0903/Bulungan yang secara langsung memantau pelaksanaannya. Tidak satu pun ditemui motoris ataupun ABK yang terbukti mengkonsumsi narkoba. 

Baca juga  Polresta dan Polsek Jajaran Giat Monitoring Luapan Sungai Kayan, Warga Diimbau Jaga Aliran Listrik

“Mengapa ini dilakukan. Ya, ini sebenarnya upaya kami untuk meminalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh human error dari penyalahgunaan narkotika tersebut,” jelasnya.

Ke depan, tambahnya, Kapolresta memastikan bahwa perihal pemeriksaan tes urine bakal berlanjut. Ini mengingat tingginya mobilitas para motoris dan ABK. “Rencananya kita akan lanjutkan karena mereka ini kan mobile. Nantinya, akan dilakukan secara mobile,” tutupnya. (*) 

Baca juga  Polresta Bulungan Lakukan Pengamanan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer