Polres Tana Tidung Siap Wujudkan “Mudik Aman dan Berkesan”

redaksi

APEL: Kapolres Tana Tidung AKBP Didik Purwanto, S.H. S.I.K menyematkan tanda kepada personel yang akan bertugas mengamankan arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 H/2023 nanti.

TANA TIDUNG, PENAKALTARA ID – Operasi Ketupat Kayan 2023 di wilayah Kabupaten Tana Tidung resmi digelar. Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakan apel gelar pasukan di Halaman Mapolres Tana Tidung antara Polres Tana Tidung bersama unsur terkait lainnya, Senin (17/4/2023).

Kapolres Tana Tidung AKBP Didik Purwanto, S.H., S.I.K., secara langsung memimpin apel gelar pasukan tersebut sekaligus membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Diketahui, pada apel itu juga dihadiri Dandim 0914/ Tana Tidung Letkol Inf. Kresna Santhy Darma, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali beserta jajarannya.

Baca juga  Melalui Jum'at Curhat, Kapolres Tana Tidung Mendengar Keluhan Warga

Kapolres Tana Tidung menjelaskan, operasi kepolisian terpusat kewilayahan dengan sandi Kayan Ketupat 2023 bertujuan untuk mengamankan arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 H.

“Operasi Ketupat Kayan 2023 dimulai pada 17 April hingga 2 Mei. Atau sejak dimulainya arus mudik hingga arus balik,” sebut AKBP Didik.

Dikatakannya juga, seperti yang disampaikan Kapolri dalam amanatnya kepada seluruh stakeholder untuk bersama sama mengamankan arus mudik dan balik Idul Fitri. Untuk itu, pada operasi ini juga melibatkan tim gabungan TNI/Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan instansi terkait lainnya termasuk pramuka. 

Baca juga  Kapolres Tana Tidung Bagikan Bingkisan ke PNPP

“Untuk Polres sendiri akan menurunkan 2/3 dari jumlah personel yang ada di Polres Tana Tidung turut mengamankan arus mudik dan balik,” ucapnya.

Ke depan, tambahnya, pihaknya akan bangun satu pos pengamanan, tiga pos pelayanan di Polsek Polsek. Untuk pos terpadu akan kita bangun di alun alun (RTH H.Joesof Abdullah). Termasuk pos pelayanan di pelabuhan pelabuhan sebagai pusat pergerakan masyarakat baik yang ke Tarakan maupun Nunukan. 

“Untuk masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran diharapkan dapat memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman,” pesannya seraya berkata juga pastikan kompor maupun listrik tidak menyala dan jendela dan pintu harus dapat dipastikan terkunci dengan baik.

Baca juga  Polsek Tana Lia Ciduk Maling Sarung Burung

“Koordinasikan juga dengan pihak keamanan di wilayah setempat seperti Polsek jika meninggalkan rumah untuk mudik,” kata Kapolres.

“Kemudian jaga ketertiban, keselamatan cek rem kendaraan yang mengunakan kendaraan pribadi, yang menggunakan angkutan umum agar berhati-hati jangan terlalu banyak bawaan yang dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas,” sambungnya.

Sementara, untuk tes urine narkoba bagi sopir maupun motoris, kata Kapolres, hanya bersifat isidentil jika diperlukan. Yang pasti, keselamatan penumpang menjadi nomor satu.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan ASDP dan Syahbandar untuk melakukan pengawasan terhadap speedboat maupun kapal feri. Sehingga slogan mudik tahun 2023 “Mudik Aman, Berkesan’ dapat terwujud,” tukas Kapolres. (*) 

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer