Momen Pelantikan IKA Fakultas Teknik, Rektor Universitas Kaltara Titip Pesan Hal Ini  . . .

redaksi

penakaltara.id, TANJUNG SELOR – Momen pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Kaltara periode 2023 – 2027 pada, Kamis (11/1/2024) malam. Tampak begitu sepesial. Ya, ini dikarenakan hadirnya Rektor Universitas Kaltara Dr. Didi Ardiansyah, M.M bersama Ketua LPM dan lainnya.

Bahkan, pada kesempatan itu. Orang nomor satu di Universitas Kaltara turut memberikan sambutan dan memberikan pesan – pesan kepada seluruh alumni Fakultas Teknik Universitas Kaltara. Tak lupa, mengawali sambutannya, Rektor memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya acara pelantikan IKA Fakultas Teknik yang kali pertama ini.

Ia berharap, pengurus di periode awal ini bisa membawa satu nuansa baru. Dan ini satu hal yang positif karena diketahui bahwa tantangan ke depan untuk Universitas Kaltara cukup kompleks. Sehingga untuk hadapi bersama gotong-royong dan kerjasama. Karena kalau kerjasama semua lebih mudah.

Universitas Kaltara yang sudah 15 tahun. Dan harapannya dapat terus mengukir prestasi yang gemilang. Meski, di sini tak ditampik masih banyak yang harus dilakukan internal dan eksternal. Penguatan penjaminan mutu di dalam. Yang tentunya tidak hanya fokus ditugaskan pada lembaga. Penjaminan mutu. Tapi semua lini di program studi dan jurusan

Baca juga  Agustus 2023, Realisasi APBN Tembus Rp4.91 Triliun

Dalam waktu dekat ada dua hal penting. Pertama akreditasi. Program studi arsitektur. Sebentar akan dilakukan submit. Tentunya saya mewakili Fakultas teknik. Berharap agar semua proses lancar dan hasil maksimal. Ini juga butuh dukungan semua alumni.

Mengapa?, ini karena adanya 9 kriteria. Dan ada beberapa poin butuh dukungan alumni. Apalagi di sini ada alumni punya badan hukum atau perusahaan. Kemudian berkesempatan rekrut adik junior. Maka, ini menjadi kabar baik peran alumni sebagai penyedia kerja.

Sekali lagi, ke depan dengan adanya tantangan besar dan komplek. Terlebih di tahun akademik. Ada event satu lagi. Yaitu penerimaan mahasiswa baru. Ia mengajak bersama dukung strategi agar meningkat. Trend dua tiga tahun memprihatinkan pasca covid – 19. Saat ini sedang analisa di semua prodi. Khusus, Teknik sendiri trendnya menurun.

Baca juga  Pagi Besok, FKKJ Bulungan Bakal Menggelar Musyawarah Pusat

Peran alumni agar Fakultas teknik dapat menambah jumlah mahasiswa yang masuk. Sehingga penurunan setahun dan dua tahun lalu dapat diatasi. Silahkan gunakan berbagai macam strategi. Apalagi, Provinsi Kaltara giat membangun. Tentu dipahami betul dengan kegiatan infrastruktur yang cukup masif. Membutuhkan tenaga terampil di bidang sipil dan arsitektur.


Maka, akan lebih membanggakan apabila yang memiliki peran kuat yang bermitra ke pemerintah adalah alumni Universitas Kaltara. Untuk itu, pengurus dan rekan alumni bisa. Agar mahasiswa di Fakultas teknis jumlahnya banyak.
Apalagi, Teknik ini punya ciri khas di kampus. Semangat, kreatif, kompak. Bagaimana caranya rekrut mahasiswa baru. Karena Fakultas teknik sudah terbukti. Ada yang bisa terjun di birokrasi. Ada yang punya CV sendiri. Bisa juga 1 alumni satu mahasiswa baru.


“Harus kita coba. Sistem MLM. Saya yakin  bisa. Kalau jumlah kita meningkat. Posisi tawar kita akan semakin meningkat. Bukan hanya alternatif. Ini bagian penting. Pemerintah tidak cari dari luar. Apalagi kita sudah dari sisi kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi terjalin dengan baik,” kata Rektor.

Baca juga  April 2023, Realisasi APBN Tembus Rp 2,55 Triliun

Tambahnya, beberapa tahun terakhir juga. Tak ditampik, ada juga trus atau kepercayaan yang bagus. Bahkan kemarin dapat trus dari pusat. Kemenko Marves. Yang titipkan program untuk penguatan ketersediaan tenaga kerja. Universitas Kaltara yang dipercaya membuka prodi Bahasa Mandarin yang tengah berjalan  saat ni.
Demikian pula kepercayaan lainnya.

Sekali lagi. Tugas paling awal adalah pengurus dan anggota tahun akademik selanjutnya. Bagaimana ikut berperan menambah jumlah mahasiswa.
“Bu dekan tolong di follow up. 300 atau separuh. Atau 75 orang alumni di Fakultas teknik. 2024 – 2 Bisa dengan cara gitu. Kami tadi rapat. Ada susun target. Teknik sipil minimal hanya 40 saja. Arsitektur 20,” tukasnya. (dha)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer