Polresta Bulungan Lakukan Pengamanan Peringatan Malam Nuzulul Qur’an

redaksi

TANJUNG SELOR, Polresta Bulungan – Personel Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan turut serta mengamankan pelaksanaan peringatan malam Nuzulul Qur’an yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bulungan, Jum’at (7/4/2023) malam.
Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha S.H, S.I.K., M.H menjelaskan bahwa dalam pengamanan malam Nuzulul Qur’an ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.
“Kami melakukan pengamanan agar dalam melaksanakan ibadah tarawih tidak ada sesuatu hambatan apapun. Sehingga acara malam Nuzulul Qur’an berjalan dengan aman dan lancar,” jelas Kapolresta Bulungan.
Pantauan di lapangan, pelaksanaan malam Nuzulul Qur’an dihadiri para pejabat Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kalimantan Utara. Personel pun tak hanya siaga di sekitar masjid. Melainkan, pengaturan arus lalu lintas agar tetap lancar pun digiatkan. Tampak, arus lalu lintas tetap lancar sekalipun terjadi peningkatan intensitas.
Untuk diketahui, Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya wahyu pertama surah Al-Alaq kepada Nabi Muhammad. Nuzulul Quran terjadi saat malam sepertiga akhir Ramadhan, tepatnya setiap 17 Ramadhan. Momen ini sebaiknya dimanfaatkan setiap muslim untuk meraih hikmah puasa dan Al Quran.

Sementara, hikmah dari Nuzulul Quran, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga  Polres Bulungan Gelar Nobar Wayang Orang "Pandawa Boyong"

1. Menenangkan hati

Hikmah Nuzulul Quran yang pertama adalah untuk memantapkan dan menenangkan hati. Hal tersebut tertuang dalam Quran Surat Al-Furqan: Quran

“Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja? Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).”

Baca juga  Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

2. Menunjukkan eksistensi kemukjizatan Al Quran

Hikmah Nuzulul Quran selanjutnya adalah untuk menunjukkan eksistensi kemukjizatan Al Quran. Al Quran adalah mukjizat terbesar dari semua mukjizat-mukjizat yang pernah diberikan Allah kepada para Nabi sebelumnya.

Selain itu, Al Quran bersifat universal dan berlaku untuk semua umat manusia sampai akhir zaman.

3. Memahami dan mengamalkan ajaran Al Quran

Nuzulul Quran juga memiliki hikmah untuk mempermudah menghafal dan memahami Al Quran. Penurunan Al Quran secara berangsur-angsur menjadikannya mudah dihafal, dipelajari, dan juga diamalkan.

Baca juga  "Jum'at Curhat", Kapolres Bulungan Tampung Keluhan Warga, Utamanya THM

4. Bukti Al Quran berasal dari Allah SWT

Nuzulul Quran menjadi bukti bahwa Al Quran merupakan kitab yang berasal dari Allah SWT.

ۚ أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ

وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِريًا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS. An-Nisa: 82)

5. Al Quran sebagai pedoman hidup

Allah SWT menurunkan Al Quran untuk digunakan sebagai pedoman hidup setiap muslim.

Al Quran bukan sekadar sebagai kitab bacaan, tetapi juga menjadi pedoman dan landasan dalam menjalankan kehidupan baik yang berhubungan dengan dunia maupun akhirat. (HmsPolresta)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer