Polres Tarakan Kenalkan Program Inovasi ‘GAPLE’ (Gerakkan Asistensi Polisi Lewat Edukasi) dan Revitalisasi Satkamling

redaksi

 

penakaltara.id, TARAKAN – Jumat, 1 September 2023, sekitar pukul 21.30 WITA, di Pos Kamling Rt.17 Kelurahan Karang Balik, kecamatan Tarakan Barat, dilaksanakannya Sosialisasi Program Inovasi polres tarakan untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif melalui program inovasi “GAPLE” (Gerakan Asistensi Polisi Lewat Edukasi) dan Cooling System Revitalisasi Satkamling.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar.S.H,S.I.K, bersama Wakpolres Tarakan Muhammad Musni,S.E.,S.I.K., Hadir pula para pejabat lainnya, seperti Kabag Ops Polres Tarakan, Kasat Binmas Tarakan, Kasat Intelkam, Kasat Samapta, Kasat Lantas, dan Kapolsek Tarakan Barat serta Kapolsek Tarakan Timur laksanakan sambang di sitkamling Rt. 17 kelurahan karang balik.

Baca juga  Kapolres Tarakan Bagikan Bingkisan Lebaran ke Purnawirawan dan Warakawuri

Sosialisasi Program inovasi polres tarakan “GAPLE” (Gerakan Asistensi Polisi Lewat Edukasi) dan Cooling System Revitalisasi Satkamling ini menjadi moment penting.

Kapolres Tarakan, saat berbincang dengan masyarakat pada kesempatan tersebut menjelaskan program inovasi Polres Tarakan, “GAPLE” (Gerakan Asistensi Polisi Lewat Edukasi), yang mencakup sejumlah inisiatif seperti istilah DOM (Deteksi, Objektif, Melayani) dari Satuan Intelkam, Program CEKI (Cepat, Edukasi, Komunikatif, Inovatif) dari Satuan Lalu Lintas, Program TANGKAP (Tangguh, Menangkal, Pelanggaran) dari Satuan Samapta, dan BALAK 6 (Bersama Lawan Kejahatan terhadap narkoba dimasyarakat) menjadi motto dari satuan Reskoba polres tarakan dalam memberantas peredaran narkoba dikota tarakan, Serta BALAK 5 (Bersama melawan kejahatan libas maksiat) merupakan istilah yang di gunakan oleh satuan reskrim dalam menuntaskan kejahatan yang terjadi di kota tarakan.

Baca juga  Andravirti Ronaldo dan Jiwa Bhayangkari

Edukasi yang disampaikan oleh Kapolres terkait dampak dan bahaya anak-anak di bawah umur mengendarai kendaraan di jalan raya sendirian. Orang tua diminta berperan aktif memberikan pemahaman dan mengantar anak-anaknya pergi ke sekolah dengan aman.

Setelah memberikan edukasi kepada masyarakat Rt.17 kelurahan Karang Balik, Kapolres bersama warga melaksanakan kegiatan Safari Gaple keliling Satkamling Polres Tarakan, dengan melaksanakan pertandingan gaple berpasangan, dalam giat safari Gaple ini juga memiliki motto “DOMINO YES, JUDI NO.” Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada warga, namun juga meningkatkan semangat masyarakat untuk bersama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman diwilayahnya masing-masing dengan kembali mengaktifkan poskamling yang ada.

Baca juga  Dua Oknum Kepala Kantor Pos Jadi Tersangka, Kasusnya Diduga Terlibat Penyeludupan Kosmetik Ilegal

Kegiatan Sosialisasi Program Inovasi Polres Tarakan Gaple (Gerakan Asistensi Polisi Lewat Edukasi) dan Cooling System Revitalisasi Satkamling Polres Tarakan pada tahun 2023 berlangsung mulai pukul 20.30 hingga 23.00 WITA, dengan partisipasi sekitar 15 peserta dari masyarakat. Acara berjalan aman dan lancar, dan telah menjadi momen efektif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat Tarakan.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Polres Tarakan untuk mempersiapkan masyarakat menjelang pemilu tahun 2024, dengan harapan mereka dapat turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kota Tarakan. (*) 

Sumber : Polres Tarakan

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer