IKAT Tanjung Selor dan Sekitarnya Gelar Aksi Baksos di Desa Apung

redaksi

TANJUNG SELOR – Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Tanjung Selor dan sekitarnya kembali menggelar aksi bakti sosial atau baksos yang di antaranya pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal secara gratis. Kali ini, aksi tersebut menyasar pada warga yang ada di Desa Apung.

Ketua IKAT Tanjung Selor, dr. Medianto Rombetasik, Sp.B mengatakan, sekalipun sasaran utama adalah warga di Desa Apung. Tetapi, masyarakat selaku pasien pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal diikuti juga warga lain di sekitarnya. Mulai dari warga Desa Tanjung Agung, Wonomulyo, Sajau. Bahkan, warga di Tanjung Palas dan Tanjung Selor pun ikut serta. 

Sehingga pelaksanaan baksos yang berlangsung di Balai Desa Apung, Bukit Indah SP VI. Sejak pagi dipenuhi oleh masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis ataupun sunatan massal. Pihak Pemerintah Desa (Pemdes) setempat mengaku sampai sangat terharu akan aksi sosial tersebut. 

Baca juga  Upacara Penilaian Nilai-nilai Tribrata Dalam Rangka Pembinaan Tradisi Hari Bhayangkara ke-77

Pasalnya, baru kali ini di desanya itu diselenggarakan aksi bakti sosial yang diprakarsai oleh sebuah organisasi kemasyarakatan dalam hal ini IKAT Tanjung Selor yang memang memiliki komitmen bahwa setiap program yang ada tidak pernah memandang suku, agam dan ras. Kehadiran IKAT Tanjung Selor dan sekitarnya adalah untuk semua warga.

Seperti pada penyampaian sebelumnya, dr. Medi mengatakan, kegiatan itu adalah suatu program yang ada pada bidang kesehatan di IKAT Tanjung Selor. Bahkan, setiap tahunnya rutin digelar. “Ini adalah wujud aksi kami di IKAT yang terus secara rutin melaksanakan aksi berbagi untuk sesama,” ungkapnya. 

Ini pun, lanjutnya, sebagai wujud IKAT untuk bagaimana selalu dapat memberi. Artinya, tidak hanya pada saat diminta. Melainkan, sebelum diminta IKAT sudah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Sekali lagi dengan tidak membedakan suku, agama dan ras. “IKAT Tanjung Selor dan sekitarnya tidak pernah membedakan suatu suku, ras dan agama. Tapi, bagaimana setiap program yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat bagi semua. Sehingga kehadiran IKAT dapat benar – benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” bebernya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Bulungan, Syarwani yang secara resmi membuka pelaksanaan baksos IKAT Tanjung Selor dan sekitarnya. Dalam hal ini mengaku terharu. Bagaimana tidak? Melihat tingginya animo masyarakat yang hadir serta kepedulian IKAT Tanjung Selor dan sekitarnya. Maka, menurut orang nomor satu di Bulungan ini. Hal itu tentu sangat memberikan suatu manfaat besar bagi jalannya roda pemerintahan yang dinakhodainya itu. 

Baca juga  Wakapolda Kaltara Hadiri Rapat Kerja dan Evaluasi Pemerintah Desa Se-Kalimantan Utara Tahun 2023

“Atas nama pemerintah daerah. Kami mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas inisiatif melalui pelaksanaan baksos ini. Saya terharu karena ini sangat membantu program pemerintah juga,” ungkap Bupati. 

Apalagi, lanjut Bupati, melihat sejumlah masyarakat yang hadir di lokasi baksos. Dimana tak hanya satu golongan saja. Melainkan, seluruh golongan pun ada. Maka, wajar apabila pada kesempatan ini pemerintah kembali mengutarakan rasa terima kasih juga kepada seluruh jajaran pengurus IKAT. 

Baca juga  Sambut Hari Kesaktian Pancasila, Polda Kaktara Melaksanakan Upacara

“Dengan tanpa membedakan suku, agama dan ras. Semua masyarakat terbantu melalui pelaksanaan bakso ini. Mudah – mudahan ke depan aksi sosial seperti ini dapat terus berlanjut,” tutupnya. (xyz)

Baca juga

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer